Sejarah berdirinya Drum Band Generasi Muda FKPPI Cabang 1602 Kota Banjarmasin

08.29 |


Sejarah berdirinya Drum Band Generasi Muda FKPPI Cabang 1602 Kota Banjarmasin diawali pada awal tahun 1989, pada saat itu generasi muda putra-putri anggota TNI AD yang tinggal di komplek Pamen Gatot Subroto

, A. Yani I, dan A. Yani II membentuk suatu wadah kegiatan Drum Band yang diberi nama Drum Band Kayuh Baimbai yang merupakan Embrio dari Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin dengan hanya bermodalkan peralatan yang sangat sederhana .Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Letkol Art. Ilyas dan Letkol Infn. Mustofa yang sekarang sudah Purnawirawan.
Dalam kurun waktu perjalanannya semua anggotanya adalah putra-putri anggota TNI AD, maka oleh DanDim 1007 Banjarmasinyang pada saat itu dijabat oleh Letkol Art. Ali Binsalim telah disempurnakan menjadi Drum Band Generasi Muda FKPPI 1602 Kota Banjarmasin (DB FKPPI 1602) tepatnya pada tanggal 11 Maret 1989 dengan anggota sejumlah 120 orang dan pada saat itu segala bentuk pendanaan baik pengadaan peralatan, perlengkapan maupun biaya oprasional lainnya di biayai oleh Bapak H. Sulaiman HB.

Selama perjalannya Anggota Drum Band GM-FKPPI dari putra-putri TNI AD yang berada dilingkungan Komplek Pamen, A. Yani I dan A. Yani II sudah mulai berkurang, dengan melihat kondusi pada saat itu pengurus mengeluarkan suatu kebijkan untuk mempertahankan kelangsungan dari Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin, maka direkrutlah anggota diluar dari lingkungan Putra-putri TNI AD yang simpati dan sepaham dengan organisasi Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin. Dengan demikian hingga saat ini anggota Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin memiliki anggota yang beragam diantaranya Putra-Putri TNI AD, para pelajar, mahasiswa bahkan pegawai negeri dan karyawan swasta.
Pimpinan (Drum Mayoret) secara berturut-turut sejak berdirinya sampai sekarang dipegang oleh : Afanila Chandra dan Rosy Ester Agustina, Afanila Chandra dan Novianita, Novianita dan Betty Prisma, Risna dan Dian Sari Susanti, Dian Sari Susanti dan Lala, Lala dan Liana Novianti, Lala, Liana Novianti dan Rifka Sari Nuryani, serta yang terakhir dengan formasi lala, Rifka Sari Nuyani. Sedangkan sebagai Field Commander (Gitapati) secara berturut-turut dipegang oleh : Diana, Esty, Sri Rahayu, Radiah,Ratna Wati dan yang terakhir Armita.
Generasi Muda FKPPI Kota Banjarmasin memilih Drum Band sebagai wadah pembinaan generasi muda karena ada berbagai segi positif yang bisa diambil diantaranya :
1. Menanamkan Disiplin kepada setiap anggotannya.
2. Menumbuhkan rasa kerjasama diantara sesama anggota
3. Menggugah semangat juang yang tinggi
4. Sebagai kegiatan untuk mengisi waktu yang kosong.
5. Sebagai kegiatan Olahraga dan Seni.

 


Dari bermula terbentuknya Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin hingga sekarang berbagai macam kegaiatn yang telah dilaksanakan diantaranya :
* Kegiatan yang berkaitan dengan Hut TNI/Polri
* Kegiatan dalam memperingati HUT RI
* Kegiatan yang berkaitan dengan even Olahraga diantaranya Porda, Pemberangkatan Kontingen Pon Kalsel
* Kegiatan Olahraga lainnya termasuk POMNas X tahun 2007
* Kegiatan Seni dan budaya diantaranya, Pestipal Borneo Kalsel
* Kegiatan dalam memperingati hari besar Islam
* Kegiatan lainnya atas permintaan baik dari Instansi Pemerintahan maupun Prusahaan-prusahaan.
Pridikat yang telah disandang oleh Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin kurun waktu 5 tahun terakhir adalah :
* Juara I Pestival Drum Band/Marching Band untuk kategori Drum Band dalam rangka HUT Kota Banjarbaru tahun 2002
* Juara I Pestival Drum Band/Merching Band untuk kategori Drum Band dalam rangka HUT Kota Banjarmasin tahun 2002
* Juara I Pestival Drum Band/Marching Band untuk kategori Drum Band dalam rangka HUT Kabupaten Batola tahun 2003
* Juara II Pestival Drum Band/Marching Band untuk kategori Drum Band dalam rangka HUT Kota Banjarbaru tahun 2004
* Juara Umum Pestival Drum Band/Marching Band untuk semua kategori dalam rangka HUT Kota Banjarmasin tahun 2002.

* Juara III Pestival Drum Band/Drim Corp Piala BUpati Tapin Tahun 2009
* Jara I Pestival Drum Band/Drum Corp Hut Kota Banjarbaru Tahun 2009
* Juara II Pestival Drum Band/Drum Corp Piala Danrem 101 Antasari Banjarmasin Tahun 2009

Selama perjalannya Drum Band GM-FKPPI Kota Banjarmasin, telah banyak mencatat kisah kehidupan baik suka maupun duka yang mengiringi perjalanan Drum Band ini, suka dan duka itulah yang melandasi tumbuh dan berkembangnya perjalanan organisasi ini, Pengalaman yang tidak dapat terlupakan berkumpul dan bersenda gurau bersama kawan-kawan, bekerja sama bahu membahu untuk mensukseskan setiap even yang dilaksanakan, rasa kepedulian dan kekeluargaan antar sesama anggota yang hingga sekarang ini menjadi penentu tetap berdiri kokohnya organisasi Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin. Selama kurun waktu itu pula Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin mengalami kedukaan karena Donatur yang selama ini menyokong dana telah menghentikan penyalurannya karena terjadinya krisis Moneter,secara otomatis Drum Band GM-FKPPI berjalan sendiri tanpa ada sokongan dana dari manapun hingga sampai sekarang, yang tentunya berimbas kepada ketidak mampuan pengurus dalam pengadaan peralatan dan perlengkapan yang memadai yang standar sesuai peraturan PDBI dan Kepergian Bapak Kami Tercinta Letol.Pur. Mustofa pulang Kampung ketempat kelahiran beliau sehingga kami kehilangan tokoh panutan dan bapak bagi kami semua (terima kasih Bapa atas perjuangan dan pengorbanan nya serta keikhlasannya mendampingi kami dalam suka maupun duka, semoga Bapa betah di tempat asal Bapa dan jangan lupakan kami anak-anak bapa yang selalu kadang membuat jengkel, dan marah Bapa).

Demikian sekilas lika-liku perjalanan dari Drum Band GM-FKPPI Kota Banjarmasin yang dilahirkan dengan hanya bermodalkan semangat juang yang tinggi dan rasa kekeluargaan yang dalam yang sampai detik ini masih tetap berdiri kokoh walau pun terpaan badai menghantam, walaupun keterbatasan peralatan dan perlengkapan yang sangat tidak layak namun semangat juang seluruh komponen yang ada di Drum Band GM- FKPPI Kota Banjarmasin baik pelatih, pengurus dan seluruh anggota tetap terjaga dengan kokoh. 

“ Keterbatasan bukanlah satu hambatan untuk meraih kesuksesan
Justru menghasilkan kreatifitas yang tinggi untuk mengatasi kekurangan,serta untuk memicu agar semangat juang untuk meraih kesuksesan tetap terus berkobar
Dihati dan sanubari bagi segenap anggota Drum Band GM-FKPPI 1602 Kota Banjarmasin”.

Alamat DB. FKPPI Kalsel(DB FKPPI sekarang dibawah naungan GM FKPPI Kalsel sehingga Berganti menjadi Drum Band GM FKPP Kalimantan Selatan) : 
JL. Gatot Subroto Komp. Pamen Gg. Mandau VII Banjarmasin Kalimantan Selatan

0 komentar:

Poskan Komentar